Kota Bontang merupakan salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur, Kota Bontang berbatasan dengan Kabupaten Kutai Timur di utara, Selat Makasar di timur, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan, Kabupaten Kutai Timur di barat. Luas wialyah Kota Bontang kurang lebih 497,57 Km2..
Kota Bontang saat ini dibagi menjadi tiga Kecamatan dan 15 Kelurahan.
Kota Bontang dikenal dengan Kota industri dan jasa, dua sektor tersebut telah memberikan nilai pendapatan yang utama daerah ini . Di Bontang sendiri terdapat dua buah perusahaan raksasa yang ada di daerah ini yaitu PT Badak NGL Co yang mengolah gas alam dan PT. Pupuk Kaltim. Di Kota Bontang, khususnya di dalam kawasan dua perusahaan raksasa itu, berbagai fasilitas moderen dan lengkap tersedia, mulai dari fasilitas perumahan bagi karyawan perusahaan itu, tempat olahraga, rekreasi, taman-taman bermain, rumah sakit hingga hotel berbintang, dan Lapangan Sepak Bola Stadiun Mulawarmanyang sampai saat inimerupakan Stadiun yang terbaik di Indonesia yang di miliki oleh PT.Pupuk Kaltim, sektor jasa dan industri pengolahan adalah dua lapangan usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerja.
Kota Bontang memiliki obyek wisata yang potensial. Diantanra GUNTUNG, serta Bontang Kuala misalnya, selain menarik wisatawan karena perkampungan nelayan di atas laut, juga tengah dikembangkan sebagai obyek wisata. Kota ini memiliki potensi menjadi kota pariwisata dengan beberapa tempat andalan, Pulau Beras Basah, Pulau Segajah, serta Taman Nasional Kutai yang berdampingan dengan wilayah Kabupaten Kutai Timur. Potensi budidaya laut dengan komoditas unggulan berupa udang, kepiting, ikan kerapu, udang lobster, kakap merah, teripang, rumput laut, dan tiram yang banyak dicari pasar luar negeri.
Diposting oleh Alzhena Label:

0 komentar:

Visit the Site
Janur Bontang. Janur Bontang