Sumber (http://www.xearum.com)
Kemarin ganti busi dan jadi inget artikel di internet bagaimana melihat kondisi mesin dari busi yang sudah dipakai. Menurut pabrik busi Bosch, para mekanik yang bagus bisa tahu kondisi mesin hanya dari businya saja. Ini ciri-ciri masalah mesin yang terlihat dari busi.
1. NORMAL
Ciri:
-- Insulator berwarna putih ke abu-abuan, kuning keabu-abuan, atau cokelat.
Arti:
-- Tidak ada kerak timbal dari bahan bakar atau deposit dari oli mesin.
Indikator:
-- Mesin baik, suhu busi benar, setting campuran bahan bakar pas, waktu pengapian tepat, tidak ada letupan bukan pada waktunya, dan choke (agar bisa distarter saat dingin) berfungsi baik.
2. MASALAH KARBON
Ciri
-- Insulator, elektroda, dan selongsong busi ditutupi deposit halus lembut.
Penyebab
-- Setting campuran bahan bakar tidak tepat
-- Udara terlalu banyak dibanding bahan bakar.
-- Saringan udara terlalu kotor.
-- Choke otomatis tidak berfungsi baik.
-- Choke manual dipijit terlalu lama.
-- Terlalu sering mengendarai untuk jarak pendek.
-- Angka setelan panas (heat range code number) terlalu rendah.
Akibat
-- Bahan bakar meledak sebelum waktunya, saat dingin sulit distarter.
Perbaikan
-- Cek saringan udara
-- Setel kembali campuran bahan bakar dengan udara
-- Cek kembali choke
3. MASALAH OLI
Ciri
-- Ujung insulator, elektroda, dan selongsong busi tertutup jelaga atau residu karbon yang mengkilap.
Penyebab
-- Terlalu banyak oli dalam mesin.
-- Tingkat oli terlalu tinggi.
-- Ring seker sudah rusak.
-- Silinder sudah gores-gores.
-- Jika bermesin dua tak, oli samping terlalu banyak.
Akibat
-- Bahan bakar meledak sebelum waktunya, sulit distarter
Perbaikan
-- Overhoul mesin
-- Untuk mesin dua tak, kurangi oli samping.
-- Ganti busi.
4. MASALAH TIMBAL
Ciri
-- Insulator tertutupi lapisan mengkilap warna cokelat kekuningan, kadang agak kehijauan. Kadang lapisan ini menggumpal.
Penyebab
-- Bahan bakar mengandung timbal.
Akibat
-- Jika mobil bermuatan penuh, insulator menjadi konduktor oleh lapisan cokelat kekuningan. Akibatnya, bahan bakar meledak sebelum waktunya.
Perbaikan
-- Ganti busi. Busi tak mungkin diperbaiki dalam kondisi seperti ini.
6. KERAK TEBAL
Ciri
-- Kerak tebal muncul di ujung insulator.
Penyebab
Aditif oli bisa menyebabkan kerak tebal di ruang bakar dan busi.
Akibat
-- Bahan bakar meledak sewaktu-waktu dan mesin bisa rusak.
-- Tenaga hilang
Perbaikan
-- Mesin diperbaiki
-- Ganti busi
-- Ganti oli mesin
7. LELEHAN KERAK
Ciri
-- Ujung tengah elektroda ditumpuki lelehan kerak.
Penyebab
-- Mesin terlalu panas karena bahan bakar meledak bukan pada waktunya.
-- Bahan bakar meledak jauh lebih cepat dari seharusnya.
-- Terlalu banyak kerak dalam ruang bakar.
-- Kualitas bahan bakar rendah.
-- Busi rusak sehingga tidak tahan panas.
-- Heat range value busi terlalu rendah.
Akibat
-- Bahan bakar meledak sebelum waktunya
-- Mesin rusak
-- Tenaga hilang
Perbaikan
-- Periksa mesin.
-- Periksa keseluruhan sistem pengapian dan campuran bahan bakar.
-- Busi diganti dengan yang kode panasnya cocok.
8. ELEKTRODA MELELEH
Ciri
-- Ujung tengah elektroda meleleh dan elektroda ground rusak.
Penyebab
-- Bahan bakar meledak sendiri, mungkin terlalu cepat meledak.
-- Kerak terlalu banyak di ruang bakar.
-- Bahan bakar berkualitas buruk.
-- Busi tidak tahan panas.
Akibat
-- Bahan bakar meledak bukan pada waktunya.
-- Mesin rusak.
-- Tenaga hilang.
-- Ujung insulator retak, kemungkinan karena elektroda terlalu panas.
Perbaikan
-- Periksa mesin
-- Periksa keseluruhan sistem pengapian dan campuran bahan bakar.
-- Ganti busi.
9. ELEKTRODA MELELEH SEBAGIAN
Ciri
-- Elektroda meleleh sebagian. Mungkin karena deposit yang bukan dari busi.
Penyebab
-- Mesin kepanasan karena pembakaran tidak tepat atau tidak pada waktunya.
-- Kerak di ruang bakar terlalu banyak.
-- Bahan bakar berkualitas jelek.
-- Busi tidak tahan panas
Akibat
-- Sebelum mesin benar-benar mogok, terasa tenaga berkurang.
Perbaikan
-- Periksa mesin
-- Periksa keseluruhan sistem pengapian dan campuran bahan bakar.
-- Ganti busi.
10. ELEKTRODA TENGAH AUS
Penyebab
-- Busi terlalu lama dipakai
Akibat
-- Bahan bakar meledak terlalu cepat terutama saat gas diinjak.
-- Sulit distarter
Perbaikan
-- Ganti busi
11. ELEKTRODA GROUND AUS
Penyebab
-- Aditif bahan bakar dan oli terlalu banyak/agresif.
-- Ruang bakar tidak ideal, mungkin terlalu banyak kerak.
-- Mesin menggelitik.
Akibat
-- Bahan bakar meledak tidak pada waktunya.
-- Starter sulit.
Perbaikan
-- Ganti busi
Kemarin ganti busi dan jadi inget artikel di internet bagaimana melihat kondisi mesin dari busi yang sudah dipakai. Menurut pabrik busi Bosch, para mekanik yang bagus bisa tahu kondisi mesin hanya dari businya saja. Ini ciri-ciri masalah mesin yang terlihat dari busi.
1. NORMAL
Ciri:
-- Insulator berwarna putih ke abu-abuan, kuning keabu-abuan, atau cokelat.
Arti:
-- Tidak ada kerak timbal dari bahan bakar atau deposit dari oli mesin.
Indikator:
-- Mesin baik, suhu busi benar, setting campuran bahan bakar pas, waktu pengapian tepat, tidak ada letupan bukan pada waktunya, dan choke (agar bisa distarter saat dingin) berfungsi baik.
2. MASALAH KARBON
Ciri
-- Insulator, elektroda, dan selongsong busi ditutupi deposit halus lembut.
Penyebab
-- Setting campuran bahan bakar tidak tepat
-- Udara terlalu banyak dibanding bahan bakar.
-- Saringan udara terlalu kotor.
-- Choke otomatis tidak berfungsi baik.
-- Choke manual dipijit terlalu lama.
-- Terlalu sering mengendarai untuk jarak pendek.
-- Angka setelan panas (heat range code number) terlalu rendah.
Akibat
-- Bahan bakar meledak sebelum waktunya, saat dingin sulit distarter.
Perbaikan
-- Cek saringan udara
-- Setel kembali campuran bahan bakar dengan udara
-- Cek kembali choke
3. MASALAH OLI
Ciri
-- Ujung insulator, elektroda, dan selongsong busi tertutup jelaga atau residu karbon yang mengkilap.
Penyebab
-- Terlalu banyak oli dalam mesin.
-- Tingkat oli terlalu tinggi.
-- Ring seker sudah rusak.
-- Silinder sudah gores-gores.
-- Jika bermesin dua tak, oli samping terlalu banyak.
Akibat
-- Bahan bakar meledak sebelum waktunya, sulit distarter
Perbaikan
-- Overhoul mesin
-- Untuk mesin dua tak, kurangi oli samping.
-- Ganti busi.
4. MASALAH TIMBAL
Ciri
-- Insulator tertutupi lapisan mengkilap warna cokelat kekuningan, kadang agak kehijauan. Kadang lapisan ini menggumpal.
Penyebab
-- Bahan bakar mengandung timbal.
Akibat
-- Jika mobil bermuatan penuh, insulator menjadi konduktor oleh lapisan cokelat kekuningan. Akibatnya, bahan bakar meledak sebelum waktunya.
Perbaikan
-- Ganti busi. Busi tak mungkin diperbaiki dalam kondisi seperti ini.
6. KERAK TEBAL
Ciri
-- Kerak tebal muncul di ujung insulator.
Penyebab
Aditif oli bisa menyebabkan kerak tebal di ruang bakar dan busi.
Akibat
-- Bahan bakar meledak sewaktu-waktu dan mesin bisa rusak.
-- Tenaga hilang
Perbaikan
-- Mesin diperbaiki
-- Ganti busi
-- Ganti oli mesin
7. LELEHAN KERAK
Ciri
-- Ujung tengah elektroda ditumpuki lelehan kerak.
Penyebab
-- Mesin terlalu panas karena bahan bakar meledak bukan pada waktunya.
-- Bahan bakar meledak jauh lebih cepat dari seharusnya.
-- Terlalu banyak kerak dalam ruang bakar.
-- Kualitas bahan bakar rendah.
-- Busi rusak sehingga tidak tahan panas.
-- Heat range value busi terlalu rendah.
Akibat
-- Bahan bakar meledak sebelum waktunya
-- Mesin rusak
-- Tenaga hilang
Perbaikan
-- Periksa mesin.
-- Periksa keseluruhan sistem pengapian dan campuran bahan bakar.
-- Busi diganti dengan yang kode panasnya cocok.
8. ELEKTRODA MELELEH
Ciri
-- Ujung tengah elektroda meleleh dan elektroda ground rusak.
Penyebab
-- Bahan bakar meledak sendiri, mungkin terlalu cepat meledak.
-- Kerak terlalu banyak di ruang bakar.
-- Bahan bakar berkualitas buruk.
-- Busi tidak tahan panas.
Akibat
-- Bahan bakar meledak bukan pada waktunya.
-- Mesin rusak.
-- Tenaga hilang.
-- Ujung insulator retak, kemungkinan karena elektroda terlalu panas.
Perbaikan
-- Periksa mesin
-- Periksa keseluruhan sistem pengapian dan campuran bahan bakar.
-- Ganti busi.
9. ELEKTRODA MELELEH SEBAGIAN
Ciri
-- Elektroda meleleh sebagian. Mungkin karena deposit yang bukan dari busi.
Penyebab
-- Mesin kepanasan karena pembakaran tidak tepat atau tidak pada waktunya.
-- Kerak di ruang bakar terlalu banyak.
-- Bahan bakar berkualitas jelek.
-- Busi tidak tahan panas
Akibat
-- Sebelum mesin benar-benar mogok, terasa tenaga berkurang.
Perbaikan
-- Periksa mesin
-- Periksa keseluruhan sistem pengapian dan campuran bahan bakar.
-- Ganti busi.
10. ELEKTRODA TENGAH AUS
Penyebab
-- Busi terlalu lama dipakai
Akibat
-- Bahan bakar meledak terlalu cepat terutama saat gas diinjak.
-- Sulit distarter
Perbaikan
-- Ganti busi
11. ELEKTRODA GROUND AUS
Penyebab
-- Aditif bahan bakar dan oli terlalu banyak/agresif.
-- Ruang bakar tidak ideal, mungkin terlalu banyak kerak.
-- Mesin menggelitik.
Akibat
-- Bahan bakar meledak tidak pada waktunya.
-- Starter sulit.
Perbaikan
-- Ganti busi
Diposting oleh
Alzhena
1 komentar:
Tips dan info yg bagus gan tentang problem mesin dari busi
Posting Komentar