Menurut pandangan Anda, hal-hal apa saja yang membuat Anda betah, selalu merindukan dan kerap berkunjung ke suatu blog atau situs tertentu?


Bila saya yang ditanya, maka ada beberapa hal yang membuat saya rutin berkunjung ke blog/situs favorit saya:

* Mengandung konten yang informasinya saya butuhkan

* Mengandung konten bagi-bagi pengalaman

* Mengandung konten tips dan trik tentang suatu hal

* Sistem navigasi menu yang mudah diakses

* Enak dilihat dan nyaman dipandang

* Pengaturan/tata letak struktur konten yang gampang ditelusur

* Penerapan warna (link, background) yang sesuai tema blog/situs

* Penempatan aksesoris (widget) yang terstruktur

Seperti terinci di atas, dua hal pokok mengapa saya rajin browsing ke blog/situs tertentu adalah konten dan tata letak blog/situs. Betul, dua hal ini saja.



Blogspot tentu mengerti atas kebutuhan mendasar ini. Untuk kepentingan ini, blogspot menyediakan fasilitas tata letak yang ada pada tab Tata Letak (Layout). Bagaimana isi dari Tata Letak ini, mari kita bahas dengan singkat.




1. Masuklah ke account blogspot.

2. Klik link Tata Letak (atau Layout). (Untuk mengingat kembali bagaimana tampilan Dashboard/Control Panel, lihat tulisan Mengelola Blogspot Melalui Dashboard)

3. Klik sub tab Elemen Halaman, untuk menambah/mengurangi dan mengatur tata letak widget di blogspot. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.

4. Klik sub tab Font dan Warna untuk mengatur tampilan warna elemen-elemen pada blog. Dibagian bawah panel pengaturan warna, lagsung terlihat penerapan perubahan warna.

5. Klik sub tab Edit HTML untuk melakukan perubahan pada script code template yang digunakan, juga untuk membackup dan merestore template aktif.

6. Klik sub tab Pilih Template Baru, untuk mengganti template aktif dengan template yang disediakan oleh blogspot.

Banyak yang dapat dieksplorasi dari fasilitas Tata Letak (Layout) ini. Tidak menjadi keharusan bagi Anda untuk menguasai kemampuan teknis per-code-an dalam blogspot. Karena bila kesulitan, seperti yang saya lakukan sampai sekarang, kita dapat berguru kepada para master di blogspotter-sphere. Kita dapat belajar, memahami dan menerapkan panduan dari para master untuk mempercantik tampilan dan melengkapi blog kita. Let's learning, and enjoy it!.
Diposting oleh Alzhena Label:

5 komentar:

Mr.x mengatakan...

Salam kenal ya mas

7 April 2009 pukul 08.22  
mendidik anak mengatakan...

WADUH MAS KEBETULAN NIH AKU LAGI KEHILANGAN LAYOUT DI DASHBOARD KU BISA BANTU MAS

11 November 2009 pukul 06.49  
Una's mengatakan...

aduh mas,bisa bantu saya ga?
kalo untuk melakukan perubahan pada script code template yang digunakan, juga untuk membackup dan merestore template aktif. itu gimana caranya?
saya ini baru.. jadi mohon bantuannya.. trims..

13 November 2009 pukul 04.12  
Maya mengatakan...

ini nih yang aku cari2.. makasih ya mas

29 November 2009 pukul 08.09  
Yudhistira mengatakan...

mz, sy sedang belajar buat blog nih, tolong kunjungi blog saya and apa yang perlu saya lakukan diblog sy tersebut. trim's

1 April 2010 pukul 20.05  
Visit the Site
Janur Bontang. Janur Bontang